Cerita Lapangan 1

 

Tekulai Hulu, Desanya Para Petani yang Asri

Perjalanan menuju desa Tekulai Hulu, sebuah desa yang berada di Kecamatan Tanah Merah. Perjalanan ke desa  menempuh waktu kurang lebih satu jam menggunakan speed boat. Sepanjang perjalanan, mata kami disuguhi pemandangan hutan mangrove yang memagari tepian sungai, sesekali boat kami berpapasan dengan boat penumpang lain dan pompong nelayan yang sedang mencari ikan dan udang. Desa Tekulai Hulu sangat asri, dengan pohon-pohon yang tumbuh bebas dan subur serta aliran sungai yang mengelilingi desa tersebut.

Berkeliling di desa merupakan kegiatan yang menyenangkan, karena banyak hal menarik yang bisa ditemukan. Masyarakatnya pun ramah dan hangat. Tidak banyak sepeda motor di sini, kebanyakan penduduk berjalan kaki dan bersepeda untuk moda transportasi walaupun tujuan perjalanan yang ditempuh jauh dari rumah

Setiap sore anak-anak dan remaja meramaikan lapangan sekolah dengan bermain sepak bola dan bola voli. Mereka menghabiskan waktu hingga menjelang petang dan keramaian digantikan oleh orang-orang yang menuju ke masjid. Hanya ada satu masjid di sini yang saat masih dalam tahap renovasi. Anak-anak biasanya belajar mengaji setelah ibadah shalat maghrib hingga menjelang isya di masjid ini.

 Cerita Lapangan 2
 

Mayoritas mata pencaharian masyarakat di desa Tekulai Hulu  ini adalah petani kelapa. Mulai pukul 8 pagi para petani sudah siap dengan alat kerjanya untuk berangkat ke kebun dan kembali ke rumah sebelum petang. Terkadang anak dan istri mereka juga ikut ke kebun untuk membantu pekerjaan mereka atau sekedar mengantarkan makan siang. Bertani kelapa menjadi pekerjaan turun temurun dari orang tua. Namun, tak jarang juga kebun yang dimiliki oleh para petani saat ini adalah hasil membeli lahan dari petani lain. Dari hasil kelapa, banyak orang tua yang akhirnya bisa menyekolahkan anak-anak mereka hingga ke perguruan tinggi, Sebagian ada yang kembali untuk menggarap pertanian dengan lebih maju, ada juga yang beralih profesi. YBDA berperan sebagai fasilitator untuk mempertahankan kearifan lokal dengan pendampingan pengembangan komunitas petani dan revitalisasi desa.

Halaman 1 dari 4

Alamat

Yayasan Bahtera DwipaAbadi Sungai Guntung: desa Air Tawar, kecamatan Kateman, kabupaten Indragiri Hilir, Riau Indonesia, 29255 Website: www.ybdaindonesia.org

Kontak personal :
+62 822 8623 8133
+62 813 9826 1488

Ikuti kami

© YBDA - Yayasan Bahtera DwipaAbadi. All Rights Reserved.
Template by Engine Templates