Gejala Infeksi Coronavirus

Novel Coronavirus atau Covid-19 adalah virus baru penyebab penyakit saluran pernafasan, yang masih satu keluarga dengan virus penyebab SARS dan MERS. Seseorang yang terinfeksi virus akan menunjukkan gejala dalam 1-14 hari. Ingin mengetahui gejala infeksi corona, perhatikan infografis berikut

Kebijakan Pencegahan & Penanggulangan

Menyiasati jumlah penderita covid-19 yang terus meningkat, diperlukan penanganan cepat dan terintegrasi oleh semua pihak. Tidak hanya mengandalkan pemerintah semata, namun melibatkan semua lini baik organisasi maupun perorangan. Perhatikan infografis berikut untuk bergerak bersama dalam penanggulangannya.

Pencegahan Coronavirus di Area Perusahaan

Sejak dicetuskan sebagai pandemik oleh seluruh negara di dunia, termasuk Indonesia, sejumlah upaya sterilisasi dilakukan oleh perusahaan untuk mengantisipasi penyebarannya. Untuk memahami langkah sterilisasi dan penangkalan virus corona, perhatikan infografis berikut.

Daftar Objek Kotor

Salah satu upaya untuk mencegah penyebaran virus corona adalah rajin mencuci tangan menggunakan sabun dibawah air mengalir. Virus covid-19 bisa menempel dimana saja tanpa kita sadari. Perhatikan infografis untuk mengetahui objek yang rentan  dan mengharuskan kita untuk mencuci tangan setelah menggunakannya.

Covid-19 Bisa disembuhkan

Sejak awal kemunculannya akhir 2019 di Wuhan, Tiongkok, kini virus corona atau COVID-19 telah menginfeksi lebih dari 200 ribu warga dunia. Meski demikian, bukan berati virus ini tidak dapat disembuhkan. Waspada harus, panik jangan. Perhatikan infografis berikut untuk panduan menjaga diri kita.

Sholat Jalan Terus

Mendukung himbauan dari pemerintah untuk mempersempit ruang gerak penyebaran virus covid-19, masyarakat diminta untuk menjauhi aktivitas keramaian. Salah satunya ibadah bersama di masjid, gereja ataupun tempat ibadah lainnya. Perhatikan infografis berikut untuk mengetahui langkah-langkah menjaga kewaspadaan saat beribadah.

Maklumat Kepolisian Polsek Tanah Merah

Untuk melindungi masyarakat dari virus corona sekaligus memutus rantai penyebarannya, Polsek Tanah Merah, Kuala Enok mengeluarkan maklumat untuk membatasi aktivitas/kegiatan sosial kemasyarakatan yang berpotensi untuk mengumpulkan massa. Perhatikan informasi berikut untuk informasi lengkapnya

Ketersediaan Kebutuhan Pokok di Kawasan Indragiri Hilir

Perasaan cemas berlebih akibat penyebaran virus corona memicu kepanikan buying. Masyarakat berlomba-lomba belanja kebutuhan pokok kemudian menimbunnya.
Akibatnya sejumlah bahan pangan mengalami kelangkaan di pasar. Mengantisipasi hal tersebut, Bupati Indragiri Hilir mengeluarkan Surat Instruksi yang diperuntukkan bagi para camat untuk melakukan pengawasan lapangan terhadap pembelian yang melebihi batas. Informasi lengkap, perhatikan informasi berikut.

Himbauan Gubernur Riau

Jumlah pasien terinfeksi covid-19 yang terus bertambah, mendorong para pemimpin daerah mengambil langkah sigap dan cepat.
Seperti halnya yang dilakukan Gubernur Riau, Drs. H. Syamsuar. M.Si yang baru-baru ini menyampaikan himbauannya untuk bersama-sama meningkatkan kewaspadaan sebagai wujud tanggungjawab dan kepedulian sesama atas keselamatan seluruh masyarakat Riau. Perhatikan informasi berikut untuk mengetahui himbauan tersebut.

Surat Edaran Gubernur Riau

Menindaklanjuti himbauan pemerintah dalam mengantisipasi penyebaran virus corona jelang bulan suci Ramadhan dan Idul Fitri 1441 H, Gubernur Riau mengeluarkan Surat Edaran No 92/SE/2020 pada tanggal 30 Maret lalu. Salah satunya tidak melakukan aktivitas mudik/pulang kampung.
Perhatikan informasi berikut untuk detailnya

Sudahkah Mencuci Tangan dengan Benar?

Pemerintah melalui Kementrian Kesehatan menghimbau seluruh masyarakat untuk dapat melakukan pencegahan dini terhadap virus corona. Salah satunya dengan menggunakan alat pelindung diri seperti masker dan rajin mencuci tangan usai melakukan beragam aktivitas.
Namun sudahkan kita mencuci tangan dengan baik & benar? Perhatikan infografis berikut untuk panduannya.

Pencegahan Covid-19

Banyak cara dapat dilakukan untuk mencegah penyebaran virus covid-19. Perhatikan infografis berikut dan ikuti langkah-langkahnya.

Kenapa memakai masker?

Disamping mencuci tangan, upaya lain untuk mencegah penyebaran virus corona adalah menggunakan masker. WHO dan Kemenkes menganjurkan penggunaannya saat keluar rumah, dan atau saat beraktivitas. Mengapa demikian? Perhatikan infografis berikut untuk memahami pentingnya penggunaan masker

Menggunakan masker dengan benar

Mencuci tangan sesering mungkin dan menggunakan masker saat keluar rumah/beraktivitas merupakan bentuk kepedulian terhadap diri sendiri agar terhindar dari bahaya virus corona.
Namun sudahkah kita menggunakan masker dengan benar? Perhatikan infografis berikut untuk detailnya

Cegah Tangkal Covid-19 di Perkantoran

Seseorang yang terinfeksi virus corona dapat dengan mudah menularkannya pada orang sekitar melalui tetesan kecil dari hidung atau mulut saat bersin atau batuk.
Tetesan itu kemudian mendarat di sebuah benda atau permukaan yang lalu disentuh orang sehat. Kemudian orang sehat tersebut menyentuh mata, hidung atau mulut mereka.
Demikian cepat dan mudah penyebarannya, Lalu bagaimana kita dapat mengantisipasinya saat berada di area publik khususnya perkantoran? Perhatikan infografis berikut untuk antisipasi awal di lingkungan perkantoran Anda.

Cegah tangkal covid-19 di Pusat Perbelanjaan

Menyadari penyebaran virus corona yang bergitu cepat, perlu dilakukan langkah antisipasi khususnya saat berada di area publik. Setelah mengetahui langkah sebelumnya untuk mengantisipasi penyebaran di lingkungan perkantoran, maka perhatikan infografis berikut untuk langkah antisipasi di pusat perbelanjaan.

Cegah tangkal covid-19 di sejumlah acara

Meski pemerintah telah memberikan himbauan agar tetap di rumah untuk memutus rantai penyebaran virus corona, kerap masih saja ada acara yang tak bisa dielakkan dan memaksa kita muncul ke ruang publik. Waspada harus, panic jangan! Perhatikan infografis berikut sebagai langkah antisipasi

Deteksi dini covid-19

Virus Corona telah menyebar di Indonesia. Sejak pertama kali diumumkan pada Februari lalu, jumlahnya kian hari kian bertambah. Gejalanya yang berbeda-beda di tiap orang membuatnya sulit terindentifikasi. Siapa saja dan bagaimana langkah pencegahannya?  Perhatikan infografis berikut.

Risiko Penularan Penyakit

Risiko penularan covid-19 sangat tinggi. Perhatikan infografis berikut agar tetep terjaga dari dampak penularannya.

Hadist Nabi Terkait Perjalanan

Sesuai hadist Nabi Muhammad SAW, saat ada wabah/pandemik kesehatan, sebaiknya tidak melakukan perjalanan terlebih ke daerah terjangkit COVID-19 (coronavirus). Untuk itu jangan mudik, utamakan kesehatan dan keselamatan, sesuai sabda Nabi. 
Saya sayang keluarga, saya memilih tidak mudik

Tidak Mudik Lebaran

Larangan untuk tidak mudik yang dihimbau pemerintah merupakan salah satu langkah tepat untuk memutus rantai penyebaran covid-19. 
Terlepas dari polemik pro kontra antara istilah mudik dan pulang kampung tersebut, kita harus mampu menyikapinya dengan bijaksana. Mengapa saya tidak boleh mudik? Perhatikan infografis berikut untuk memahaminya


© YBDA - Yayasan Bahtera DwipaAbadi. All Rights Reserved.