BANTU MASYARAKAT TERIMBAS DAMPAK VIRUS CORONA DI DAERAH TERPENCIL

Sebagian besar masyarakat yang bekerja dan tinggal di kota-kota besar adalah pendatang dari desa dan daerah pelosok di Indonesia. Dampak dari virus corona bukan hanya mereka yang terjangkit penyakit, tapi juga mereka yang sangat terdampak karena menurunnya stabilitas ekonomi di Indonesia, lumpuhnya rantai sumber penghasilan dan lahan pekerjaan terutamanya di kota-kota besar. Hal ini menyebabkan para pendatang yang sengaja datang ke kota untuk memperbaiki ekonomi keluarga, kini banyak yang justru harus kembali ke kampung halaman tanpa pekerjaan.

Sementara itu, kekuatan ekonomi di daerah-daerah, khususnya Kabupaten Indragiri Hilir di Provinsi Riau yang terdiri dari banyak wilayah terpencil dengan akses yang sulit, tidak dapat menyokong dari bertambahnya orang-orang yang pulang tanpa mata pencaharian.

Dengan keterbatasan infrastruktur di Kabupaten Indragiri Hilir, yang sebagian besar moda transportasinya melalui jalur laut dan sungai, dampak dari pandemi virus corona ini terus menggerogoti kemampuan sosial ekonomi daerah untuk menopang keberlangsungan hidup masyarakatnya. Biaya pengiriman logistik yang tinggi karena tingkat kesulitan akses pengirimanyang menantang, harga sembako dan kebutuhan-kebutuhan dasar lainnya pun ikut melonjak. Sehingga, banyak rakyat kecil di daerah ini yang semakin kesulitan untuk melanjutkan kehidupan sebagaimana mestinya.

MASALAH SUMBER DAYA PANGAN

Hampir satu juta penduduk hidup di Kabupaten Indragiri Hilir dan sekitarnya dengan mayoritas mata pencaharian adalah sebagai petani kelapa. Kabupaten Indragiri Hilir yang dikenal dengan nama negeri 1000 parit ini memiliki 198 desa yang terpencar di antara lahan basah dan rawa. Pasokan pangan di Indragiri Hilir banyak didatangkan dari Pulau Jawa, sehingga dengan kondisi mewabahnya virus corona, Kabupaten Indragiri Hilir rawan terputus sumber makanan, khususnya di wilayah terpencil dengan akses hanya perahu kayu di waktu-waktu tertentu.

KURANGNYA PENGADAAN APD UNTUK TENAGA TEKNIS

Selain kurangnya ketersediaan pangan di area terpencil ini, struktur geografis Indragiri Hilir yang unik, menjadi salah satu faktor sulitnya penduduk untuk menjangkau dan mendapatkan akses kesehatan. Sejumlah besar puskesmas di desa-desa di Indragiri Hilir masih sangat minim dalam pengadaan fasilitas dan peralatan yang dibutuhkan dalam pemeriksaan dan pelayanan pengobatan terkait virus corona. Para tenaga medis tidak memiliki alat pelindung diri yang cukup seperti baju hazmat, masker dan sarung tangan serta alat untuk rapid test. Selain itu, secara infrastuktur banyak puskesmas yang tidak siap dengan ruang isolasi dan perangkat yang dibutuhkan untuk menangani pasien dalam pemantauan dan yang positif terinfeksi Covid-19.

KURANGNYA PERANGKAT TEKNOLOGI DAN INFRASTRUKTUR YANG BERPENGARUH PADA KELANJUTAN KEGIATAN BELAJAR

Kondisi dataran geografis Indragiri Hilir yang terpencil dan terpelosok, yang banyak dari penduduknya masih rendah literasi khususnya terhadap pemilikan dan kemajuan teknologi. Maka dengan adanya mandat oleh pemerintah untuk siswa belajar dari rumah, anak-anak yang tinggal di pelosok mengalami tantangan dan hambatan tersendiri untuk dapat mengakses dan mengerjakan tugas karena keterbatasan perangkat-perangkat teknologi seperti smartphone dan komputer serta terbatasnya pasokan listrik dan menara seluler di area tempat tinggal mereka.

Kami sebagai organisasi nirlaba di Indragiri Hilir, berupaya mendukung keberlanjutan kehidupan sosial, ekonomi, kesehatan, pendidikan dan keamanan masyarakat melalui penggalangan dana ini. Tentunya, donasi dari teman-teman akan sangat membantu masyarakat yang tinggal di area terpencil ini.

PENERIMA MANFAAT DARI DONASI ADALAH:

PENERIMA MANFAAT

Tenaga kesehatan di fasilitas kesehatan masyarakat

Masyarakat dhuafa & pekerja informal yang kehilangan pekerjaannya

Anak bayi & balita

Anak-anak yang kurang akses belajar online

JENIS BANTUAN

Alat Pelindung Diri: PPE, masker, face shield, sarung tangan, alat rapid test

Paket Sembako, bibit tanaman pangan

Paket Susu dan biskuit

Buku pelajaran dan bacaan anak

JUMLAH

Akan dibelikan sesuai dari hasil pilihan paket donasi yang tercapai 

Akan dibelikan sesuai dari hasil pilihan paket donasi yang tercapai

Akan dibelikan sesuai dari hasil pilihan paket donasi yang tercapai

Akan dibelikan sesuai dari hasil pilihan paket donasi yang tercapai

+ FOTO + ILUSTRASI BARANG YANG AKAN DIBELI/DIDONASIKAN

Cara memberikan bantuan donasi:

Bantuan Anda dapat disalurkan melalui transfer ke rekening BNI dan PayPal atas nama Yayasan Bahtera DwipaAbadi:

Melalui transfer bank ke:

BNI cab Tembilahan (Swiftcode: BNINIDJA)

Nama Akun: Yayasan Bahtera Dwipaabadi

Nomor Akun:

Melalui Paypal:

donor.three@ybdaindonesia.org

Kami akan secara bertanggung jawab melaporkan penggunaan dana dari hasil donasi melalui:

Facebook: ybdaindonesia

Instagram: @ybdaindonesia

Website: http://www.ybdaindonesia.org/indonesia/

Kami akan mengirimkan notifikasi penerimaan donasi ke nomor kontak Anda (ini jika ada sistem input no kontak dari pendonasi, dan jika diperlukan)

Informasi nomor kontak (jika diperlukan):

donor.three@ybdaindonesia.org

Nomor whatsapp YBDA (akan diproses)

© YBDA - Yayasan Bahtera DwipaAbadi. All Rights Reserved.
Template by Engine Templates